top of page

Ketahui Makna Doa Sebelum Tidur Dalam Islam

Tidur yakni aktivitas yang Kita lakukan untuk mengembalikan tenaga dalam tubuh. Setelah lelah seharian beraktivitas tidur menjadi salah satu cara untuk membikin tubuh segar kembali dan siap berkegiatan lagi keesokan harinya. Goodtizen akan membahas tentang doa sebelum tidur. Masing-masing agama memiliki doa tersendiri yang dibaca sebelum tidur. Apa hakekatnya makna dari membaca doa sebelum Kita tidur? Yuk simak review lengkapnya berikut ini.


Dalam artikel berikut akan dibahas tentang doa yang ada dalam agama Islam. Kenapa Kita berdoa sebelum tidur yaitu supaya supaya Kita siap untuk menghadapi kondisi apa malahan sesudah tertidur nanti. Dalam Islam ada sebagian adab sebelum tidur, diantaranya bersuci terutama dulu, menghadap ke arah kiblat dan berdoa. Hal itu dilakukan supaya agar sekiranya rupanya Kita dicabut nyawanya saat kondisi tidur karenanya Kita sudah dalam situasi suci dan telah berdoa berserah diri pada Allah.


Suara doa sebelum tidur menurut ajaran Islam merupakan Bismika Allahumma Ahya Wa Amuut yang artinya Dengan NamaMu Ya Allah Aku hidup dan Dengan NamaMu saya mati. Itu merupakan sebuah hadis riwayat dari Bukhari Muslim. Doa hal yang demikian sudah diajar pada umat Muslim sejak masa kanak-kanak sehingga sangat melekat di pikiran mereka.


Doa dibaca ketika Kita bersiap untuk tidur dimana dapat terjadi apa saja yang sebelumnya tak pernah Kita pikirkan ketika tertidur. Ada beberapa makna yang ada dibalik membaca doa sebelum Kita tidur. Setelah pertama merupakan untuk menghayati makna kehidupan dan kematian dalam Islam. Bahwa hidup dan mati bisa terjadi kapan saja tanpa bisa Kita prediksi kapan kedatangannya. Untuk itulah Kita wajib selalu siap sedia untuk menghadapi keadaan hal yang demikian datang pada Kita.


Makna yang kedua adalah untuk belajar memasrahkan semua hal pada Allah sesudah Kita berusaha yang terbaik dalam hidup. Bahwa segala yang terjadi dalam hidup semestinya Kita serahkan hasil dan ketetapannya pada Allah SWT. Tentunya dengan catatan, bahwa Kita telah berusaha semaksimal mungkin untuk berusaha membuat semua urusan Kita tercapai akhirnya. Setelah Kita berpasrah dan berserah diri maka apa pun hasilnya pasti konsisten membuat Kita berterima kasih pada ketentuan Allah SWT.



Makna dari membaca doa sebelum Kita tidur terbukti sangat luas. Sesudah sayangnya banyak yang melupakan pembacaan doa ini sebelum mereka tidur. Banyak dari Kita yang kadang kala saking lelahnya seketika tertidur seperti itu tubuh meraba daerah tidur. Dengan demikian itu Kita tidur tanpa melakukan persiapan rohani terutamanya dulu.


Setelah uraian panjang lebar di atas, semoga setelah ini Kita menjadi lebih menyadari apa makna dan pentingnya membaca doa sebelum Kita tidur sehingga tak lupa untuk membacanya rutin setiap malam sebelum Kita tidur. jikalau memungkinkan iringi bacaan doa sebelum tidur dengan bacaan dzikir hingga Kita tertidur pulas. Semoga bermanfaat.


bottom of page